-->

Jumat, 07 Desember 2012

ERA TEKNOLOGI DIGITAL BERDAMPAK PADA AKTIVITAS SOSIAL MASYARAKAT



BAB I
 PENDAHULUAN


1.1       LATAR BELAKANG
Kita ketahui bahwa sebenarnya sejak dulu teknologi digital sudah ada dan manusia sudah menggunakan teknologi digital dan pada hakekatnya perilaku manusia adalah untuk berkomunikasi seperti yang di kemukakan Colin Cherry (1957). Komunikasi adalah suatu proses dimana pihak-pihak peserta saling mengunakan komunikasi dengan tujuan untuk mencapai pengertian bersama yang lebih baik mengenai masalah yang penting bagi semua pihak yang bersangkutan. Teknologi digital adalah produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja atau struktur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembangkan dan digunakan seseorang. Bisa di sebut bahawa teknologi digital berupa sarana manusia dalam berkomunikasi secara sosial
Manusia menggunakan teknologi digital karena manusia berakal. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman dan sebagainya dan ingin menjalin hubungan dengan masyarakat sosial lainnya. Namun Perkembangan teknologi digital komunikasi memiliki dampak positif dan negatif. Postif dengan ada nya teknologi digital lahirlah inovasi-inovasi baru yang mempermudah hidup manusia, dan terjadilah perkembangan ilmu pengetahuan, karena teknologi digital lahir dari sebuah ilmu. Secara negatif teknologi digital komunikasi memberikan dampak pada kehidupan sosial, ketika norma-norma yang berlaku tidak sesuai lagi dengan yang ada saat ini, seringnya terjadi kejahatan teknologi digital yang merugikan masyarakat tidak hanya itu dampak teknokom bisa merusak moral dan akhlak kita.
Sadari bahwa dampak yang terjadi pada kehidupan sosial masyarakat, karena teknokom, membuat masyarakat kurang peka terhadap kehidupan masyarakarakat kehadiran teknologi digital informasi telah mengurangi intensitas tatap muka yang terjadi dalam organisasi ataupun sosial masyarakat. Kita sebagai manusia yang pandai tau betul mana yang harus kita ambil dalam memaknai teknologi digital komunikasi ini dalam hidup.
Perkembangan dunia teknologi digital khususnya komunikasi tentunya telah banyak membantu berjuta-juta penduduk dunia untuk saling terhubung antara yang satu dengan yang lainnya. Bahkan semakin lama, kita dapat berkomunikasi dengan teman, keluarga maupun relasi bisnis kita dengan harga yang murah dan dengan kualitas yang cenderung meningkat.
Jika kita mengingat komunikasi dengan waktu efektif pada jaman dulu, suatu hubungan antar manusia bisa dijalin ketika mereka telah berkomunikasi dengan waktu yang efektif sehingga bisa mempertukarkan nilai-nilai, makna, dan pemahaman tentang dunia.
Namun, semenjak telepon pertama ditemukan, komunikasi mulai mengalami pergeseran karena sejak saat itu komunikasi tidak harus disertai dengan pertemuan secara langsung. Hal-hal diatas menjadi bencana, ketika manusia tidak lagi mampu menguasai teknologi digital yang digunakannya sehingga menimbulkan sifat addict. Kehidupan kemudian dikuasai oleh penggunaan teknologi digital dimanapun, tanpa mengindahkan batasan-batasan sosial dan norma yang berlaku. Karena seharusnya sebagai seorang pencipta, kitalah yang memanfaatkan teknologi digital sesuai dengan kebutuhan kita, bukannya malah menjadi tergantung dan tidak bisa hidup tanpa adanya teknologi digital.
              Sisi positif dari teknologi digital juga ada, seperti pengenalan hal-hal yang dulu tidak bisa diajarkan kepada anak-anak sehingga anak-anak saat ini terbiasa menerima informasi yang beraneka ragam, terbiasa berwawasan luas. Teknologi digital komunikasi juga membuat cara untuk mendidik menjadi semakin banyak. Mulai dari games, simulasi, ebook, dan lain-lain, semuanya tersedia tergantung apa yang diinginkan oleh orang tua. Serta masih banyak contoh-contoh kecil, namun nyata yang membuktikan besarnya pengaruh perkembangan teknologi digital komunikasi terhadap sosial dan kebudayaan kita. Semuanya menjadi berwarna dan penuh dengan impian. Impian yang setinggi langit itu diawali oleh langkah Graham Bell, untuk membuat alat komunikasi jarak jauh pertamanya. Suatu langkah kecil, yang membawa perubahan untuk semesta alam.
              Namun dari sekian banyak dampak postif yang sedikit telah dijelaskan secara sederhana diatas, tentu saja perkembangan teknologi digital komunikasi mempunyai dampak negatif yang harus diwaspadai. Seperti hilangnya norma-norma yang selama ini berlaku karena dengan perkembangan teknologi digital dunia komunikasi berbagai budaya dari beragam negara yang sekiranya tidak cocok diterapkan di Indonesia bisa dengan mudah masuk dan diterapkan oleh masyarakat. Serta kita tidak dapat menjamin kerahasiaan pesan yang akan disampaikan karena adanya jenis kejahatan yang berkembang sejalan dengan kemajuan teknologi digital seperti pembobolan informasi yang dilakukan oleh para hackers.

1.2         TUJUAN
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
a.   Memberikan informasi mengenai teknologi digital kepada pembaca.
b.   Mengasah kemampuan penulisan ilmiah
c.   Mengajak masyarakat Indonesia selalu berperan aktif dalam menjaga persatuan dan kesatuan.
d.   Mengajak masyarakat untuk berperan aktif mengutamakan tata karma bermasyarakat.
e.   Memperjelas bahwa teknologi digital memiliki dampak positif dan negatif.

I.3        SASARAN     
            Penulisan makalah ini ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat yang mayoritas aktif mengakses internet karena makalah ini saya unggah ke website blog saya http://lailatulhudairiah.blogspot.com/. Saya lebih memilih untuk mengunggah ke Blogspot agar tidak ada alasan keterbatasan waktu dan tempat untuk mempelajari hal-hal penting mengenai era teknologi digital digital yang berdampak pada aktifitas sosial masyarakat.



BAB II
PERMASALAHAN


Analisis permasalahan era teknologi digital berdampak pada aktifitas sosial masyarakat dengan memperhatikan dan mempertimbangkan  kondisi lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari aspek :
2.1       Kekuatan (Strength)
a.      Hemat.
Kemudahan yang ditawarkan dari setiap kecanggihan teknologi digital sangat menguntungkan karena dapat memperkecil biaya yang harus dikeluarkan untuk sebuah hubungan sosial bermasyarakat.
b.      Cepat.
Dibandingkan dengan hal-hal yang harus dilakukan dengan secara langsung (tatap muka) , penggunaan teknologi digital dapat membuat semua keperluan menjadi lebih cepat.
c.      Santai.
Dengan banyaknya informasi dan kebutuhan yang dapat didapatkan dengan teknologi digital, waktu luang pun semakin banyak sehingga bisa lebih santai.
d.      Ilmu
Penggunaan teknologi digital juga sebagai media pembelajaran bagi masyarakat. Perlahan-lahan mulai mengetahui komputerisasi tanpa harus mempelajari detailnya di pendidikan formal.

2.2       Kelemahan (Weakness)
a.   Kejahatan
      Teknologi digital dimanfaatkan sebagian orang untuk melakukan penipuan, penculikan dan kejahatan-kejahatan lain yang membahayakan orang lain.
b.   Kerahasiaan
      Pembicaraan melalui telepon bisa diketahui dengan kecanggihan teknologi digital sehingga tidak ada jaminan kerahasiaan.
c.   Kecanduan
      Kemudahan dalam menggunakan teknologi digital selalu membuat rasa ketagihan sehingga tanpa disadari, tidak ada hari tanpa penggunaan teknologi digital.
d.   Konsentrasi
      Jejaring-jejaring sosial yang ada dalam teknologi digital membuat pengguna asik bermain dan mengurangi konsentrasi dalam beraktifitas.

2.3       Peluang (Opportunity)
a.   Uang
      Alangkah bijaksananya jika segala kecanggihan teknologi digital dimanfaatkan untuk bisnis yang menghasilkan uang.
b.   Informasi
      Tidak perlu takut ketinggalan informasi karena dengan teknologi digital dapat mencari informasi seluas-luasnya tanpa batasan waktu dari informasi yang diinginkan.
c.   Teman baru
      Jejaring sosial yang ditawarkan dalam teknologi digital memudahkan pengguna untuk mencari teman sebanyak-banyaknya dari seluruh penjuru dunia tanpa harus bertatap muka secara langsung.
d.   Investasi
      Sebagian teknologi digital harganya mahal, sehingga bagi yang berjiwa bisnis tentunya akan melihat era ini sebagai peluang besar untuk investasi dengan cara menyewakan kepada masyarakat yang membutuhkan.

2.4       Tantangan/Hambatan (Threats)
a.     Semakin maju
      Untuk kepentingan gengsi, teknologi digital semakin lama semakin maju dan jika terus menerus mengikuti arusnya maka akan sangat memberatkan. Jadi sebaiknya membeli alat-alat berteknologi digital sesuai dengan kebutuhan saja, atau bisa dengan pintar memilah-milah.
b.   Hukum
        Kejahatan yang mudah dilakukan dengan kecanggihan teknologi digital membuat masyarakat harus berhati-hati agar tidak tergiur dengan semua itu karena ada hokum yang berlaku di Negara ini.
 c.    Kesehatan
        Teknologi digital membuat kita malas bergerak, sehingga kesehatan yang dibutuhkan dari gerak tubuh seperti olahraga tentunya akan menurun.
d. Biaya
      Harga beberapa alat-alat yang berteknologi digital sangat mahal sehingga harus memiliki uang banyak untuk membelinya.


BAB III 
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

3.1       Kesimpulan
a.     Informasi yang ada di masyarakat dapat langsung dipublikasikan dan diterima oleh masyarakat. Sumber informasi tidak hanya berasal dari satu orang saja. Dalam masyarakat, semua orang dapat menjadi sumber informasi. Setiap orang dapat saling bertukar informasi satu sama lain. Informasi itu pun menyebar sampai kepada seluruh lapisan masyarakat dengan cepat melalui media-media TIK yang ada.
b.    Hubungan sosial antar masyarakat dapat berlangsung dimana saja dan kapan saja. A berada di kota Bandung dan B berada di kota Makassar. Mereka berkomunikasi melalui ponsel. Mereka saling mengabarkan kondisi satu sama lain dan saling bertukar cerita. Itulah sedikit gambaran pemafaatan TIK dalam hubungan interaksi sosial. Walaupun berjauhan dan berada dalam zona waktu yang berbeda, mereka tetap dapat berkomunikasi dan saling bertukar informasi.
c.     Sosialisasi kebijakan pemerintah dapat lebih cepat disampaikan kepada masyarakat. Peraturan pemerintah serta kebijakannya dapat keluar pada waktu yang tidak dapat diprediksi. Masa berlakunya pun kadang bersifat tentatif. Masyarakat pun sering dibingungkan oleh masalah ini. Karena keterlambatan info, masyarakat dirugikan oleh hal ini. Oleh karena itu, publikasi kebijakan serta peraturan pemerintah memerlukan media TIK, misalnya televisi, radio dan internet. Dengan begitu, masyarakat dapat dengan mudah dan cepat mengetahui peraturan dan kebijakan pemerintah yang sudah maupun baru keluar.
d.    Tumbuhnya sikap percaya diri dan motivasi tinggi.




3.2       Rekomendasi
a.     Sebagian teknologi digital harganya mahal, sehingga bagi yang berjiwa   bisnis tentunya akan melihat era ini sebagai peluang besar untuk investasi dengan cara menyewakan kepada masyarakat yang membutuhkan.
b.     Alangkah bijaksananya jika segala kecanggihan teknologi digital dimanfaatkan untuk bisnis yang menghasilkan uang.
c.      Kemudahan yang ditawarkan dari setiap kecanggihan teknologi digital sangat menguntungkan karena dapat memperkecil biaya yang harus dikeluarkan untuk sebuah hubungan sosial bermasyarakat.
d.      Penggunaan teknologi digital juga sebagai media pembelajaran bagi masyarakat. Perlahan-lahan mulai mengetahui komputerisasi tanpa harus mempelajari detailnya di pendidikan formal.

Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar